Rabu, 12 September 2018

KOMPOS SEKAM KULIT PADI



Sekam ialah sisi dari bulir padi-padian (serealia) berbentuk lembaran yang kering, bersisik, serta tidak bisa dikonsumsi, yang membuat perlindungan sisi dalam (endospermium serta embrio). Sekam bisa didapati pada sebagian besar anggota rumput-rumputan (Poaceae), walau pada beberapa macam budidaya diketemukan juga macam bulir tiada sekam (contohnya jagung serta gandum). 

Proses pembelahan sekam dari dalamnya dahulu dikerjakan dengan penumbukan gabah menggunakan alat tumbuk (umumnya berbentuk alu dengan pemukulnya). Pada saat sekarang orang menggunakan mesin giling serta hasilnya dimaksud penggilingan. Penggilingan atau penumbukan akan membuahkan beras yang masih tetap tercampur dengan sisa-sisa sekam atau pengotor yang lain. Step pembersihan selanjutnya ialah pengayakan; dengan tradisionil dikerjakan dengan melemparkannya ke hawa hingga sisi yang lebih berat terpisah dari sisi yang mudah. 

Dalam pertanian, sekam bisa digunakan menjadi kombinasi pakan, alas kandang, digabung di tanah menjadi pupuk, dibakar, atau arangnya jadikan media tanam. 

Pertama sekam padi dihancurkan jadi halus, lantas kita membuat starternya berbentuk air serta gula merah yang ditambahkan dengan 20 cc mikroorganisme (M4) dalam 5 liter air. Sesudah larutan menjadi, dedak dicampurkan dengan kulit padi yang sudah dihancurkan. Dedak serta jerami yang sudah dicampurkan lalu dimasukkan ke lubang. Kemudian kombinasi disiram dengan larutan starter. Sesudah disiram, pupuk kandang ditaburkan di atasnya. Sesudah susunan pertama tuntas, susunan ke-2 juga dibikin. Tiap-tiap susunan yang dibikin optimal tingginya 30 cm dengan jumlahnya susunan sekitar 4 susunan. Ke empat susunan ditutup dengan terpal supaya tidak terserang air. 

Ketebalan optimal 120 cm.. Setelah itu tiap-tiap 1 minggu susunan yang ada di balik semuanya. Batasnya tampak karena ada pupuk kandang. Awalannya warna jerami masih tetap kekuning-kuningan, akan tetapi sesudah 1 bulan jerami itu akan menjadi seperti warna tanah. Waktu dipegang juga ringkih seperti tanah. Nah, karena itu kompos juga menjadi, 

1 komentar:

  1. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap dapat merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    BalasHapus