Senin, 30 Juli 2018

INOVASI Kompos Berbahan Baku Jerami

Hasil gambar untuk kompos jerami

Terdapat beberapa langkah dalam proses pembuatan kompos jerami, diantaranya adalah dengan memakai EM4 (Efective microorganisme 4). Cara pengomposan em4 ini adalah langkah yang begitu simpel, efisien serta amat cepat. 

Dengan memakai em4 ini, jadi dalam produksi kompos jadi lebih cepat, karena em4 ini memiliki kandungan sangat banyak microba yang dapat percepat proses fermentasi. Mikroba yang ada di dalam didalam em4 ini merupakan lactobacillus sp., cendawan pengurai selulosa, bakteri photo sintetik, dan azotobacter sp. 

Langkah Membuat Kompos Jerami Dengan Ringan Kompos Jerami Langkah Membuat Kompos Jerami Dengan Ringan Langkah Membuat Kompos Jerami Dengan Mudah 

Dalam pembuatan pupuk kompos ini sebenanrnya tidak cuma memakai jerami saja, akan tetapi semua bahan organik dapat kok dipakai dalam pembuatan pupuk kompos ini. Seperti misalnya dedak, rerumputan, sampah dapur, dedaunan kering, batang serta daun pisang, serta ada banyak lagi. 

Dedak mempunyai fungsi terpenting dalam proses pembuatan pupuk kompos ini, karena dedak ini jadi media yang begitu baik untuk perkembangbiakan mikroba. Nah di bawah ini selangkah pembuatan pupuk komos jerami : 

Alat serta bahan 

Jerami 20kg 
Sekam 20 kg 
Dedak 1 kg 
Em4 100 ml 
Gula merah 0, 5 kg 
Air bersih 10 liter 

Langkah membuat 

Jerami di cincang atau di cacah dengan ukuran kurang lebih 5-10 cm 
Campur jerami yan telah dicacah barusan dengan sekam dan dedak dengan merata 
Larutkan gula merah dalam air 
Input em4 dalam larutan gula merah tadi 


Pada susunan pertama, buaatlah kombinasi jerami itu dengan ketebalan kira-kira 10 cm 
Siram dengan larutan gula merah serta em4 barusan secukupnya 
Pada susunan ke-2, diatasnya silakan siramkan lagi dengan larutan em4, kerjakan step setelah itu semacam ini sampai kombinasi jerami barusan habis 
Untuk proses fermentasinya, tutup larutan ini dengan memakai plastik atau karung goni 
Sebatas catatan, jika proses fermentasi ini sukses atau berjalan dengan baik, jadi bahan barusan akan merasa hangat jika disentuh. Jika suhu sangat panas, jadi bukalah penutupnya lantas bolak balik bahan kompos, kemudian ditutup kembali. 

Dalam proses fermentasi ini umumnya memerlukan waktu saat 6- 10 hari kompos jerami ini telah jadi. Sebelum diapakai, dinginkan dulu pupuk itu, triknya cukuplah di angin-anginkan saat 2-3 hari. 

Catatan : 

Sebetulnya untuk pembuatan kompos jerami ini, jerami tidak mesti di cincang kok. Pencincangan ini dikerjakan untuk percepat proses fermentasi. Bila kompos bau busuk, jadi proses pembatan kompos tidak berhasil. Pengomposan ini sukses bila jerami barusan beralih warna jadi coklat kehitaman serta tidak berbau busuk. 

Untuk pemakaian kompos jerami ini yaitu dengan langkah menaburkan pada tempat menjadi pupuk basic. Nah bila anda ingin menaruh pupuk jerami ini, jadi keringkan dahulu lewat cara di angin-anginkan, lantas dimasukkan dalam karung goni.

Sumber : http://cipanasfarm.com/cara-membuat-kompos-jerami-dengan-mudah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar