Rabu, 08 Agustus 2018

CIRI-CIRI Pupuk Organik Granul Berkualitas Bagus


Pupuk granul adalah type pupuk organik padat. Oleh karenanya, memastikan mutunya juga berlainan triknya dengan pupuk organik cair. 

Untuk memastikan pupuk granul yang baik, butuh dilihat beberapa hal tersebut. 

1.Aroma Pupuk Granul 
Pupuk granul yang bagus bau harum seperti aroma tanah. Hal tersebut mengisyaratkan jika fermentasi aerobiknya teratasi. Jika baunya belum juga harum, karena itu janganlah dipakai terlebih dulu karena bisa mengganggu perkembangan tanaman. 

Warnanya Kehitam-Hitaman 
Pupuk granul yang telah betul-betul masak akan berwarna kehitam-hitaman. Jika warnanya masih tetap cokelat atau bahkan juga kehijauan, karena itu proses fermentasi belum juga tuntas. 
Tapi kadang ada produsen yang mencampurkannya dengan karbon supaya tampak menari. Hal seperti ini bisa diatasi lewat cara mengaduk pupuk di air. Bila airnya beralih warna jadi hitam karena itu produsen itu telah mencampurinya dengan karbon. 

2.Lakukan Tes Kantong Plastik 
Tes kantong plastik lembab bisa jadi langkah untuk memastikan apa pupuk itu berkualitas ataukah tidak. Triknya, input pupuk ke kantong plastik lantas tutup rapat serta biarlah dalam suhu kamar dalam periode waktu 1 minggu. Bila memiliki bentuk baik serta aromanya masih tetap aroma tanah karena itu pupuk itu sudah dapat dipakai. 

3. Suhu 
Pupuk yang telah masak mempunyai suhu yang rendah tapi konstan. Bisa ditest lewat cara masukkan tangan ke sela-sela tumpukan-tumpukan karung pupuk. Jika tangan merasa dingin karena itu pupuk itu telah masak. 

4. Tes Gumpalan 
Triknya, ambillah segenggam pupuk granul yang dalam keadaan lembab, lantas remaslah dengan kuat. upuk yang memang organik akan menggumpal sedang yang diberi tambahan bahan lainnya akan susah terurai kembali. 

5.Remah  
Pupuk granul yang berkualitas tidaklah terlalu keras serta gampang terurai kurun waktu singkat.

Sumber : https://flowerian.com/2342/pupuk-organik-granul.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar